Texturing adalah proses pemberian karakterristik permukaan –termasuk
warna, highlight, kilauan, sebaran cahaya (difusi) dan lainnya- pada
objek. Karakteristik seperti bump juga diperhatikan saat proses
texturing. Pada umumnya proses texturing adalah semacam pengecatan atau
pemberian warna pada permukaan objek, walaupun ada juga proses texturing
seperti displacement yang mengubah geometri objek.
RENDERING
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun
animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan
dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter
tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output (tampilan akhir
pada model dan animasi).
Rendering tidak hanya digunakan pada game programming, tetapi juga
digunakan pada banyak bidang, misalnya arsitektur, simulator, movie,
spesial effect pada tayangan televisi, dan design visualization.
Rendering pada bidang-bidang tersebut memiliki perbedaan, terutama pada
fitur dan teknik renderingnya. Terkadang rendering juga diintegrasikan
dengan model yang lebih besar seperti paket animasi, tetapi terkadang
berdiri sendiri dan juga bisa free open-source product.
rendering animasi
Rendering harus dilakukan secara cermat dan teliti. Oleh karena itu
terkadang dilakukan pre rendering sebelum rendering dilaksanakan. Per
rendering sendiri ialah proses pengkomputeran secara intensif, biasanya
digunakan untuk pembuatan film, menggunakan graphics card dan 3D
hardware accelerator untuk penggunaan real time rendering.
Secara umum, proses untuk menghasilkan rendering dua dimensi dari
objek-objek 3D melibatkan 5 komponen utama, yaitu geometri, kamera,
cahaya, karakteristik permukaan dan algoritma rendering.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar