Rabu, 27 November 2013

PEMODELAN 3D



Pemodelan 3D merupakan proses untuk mengembangkan suatu benda ataupun objek untuk membuat atau mendesain objek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. 

Proses pemodelan 3D membutuhkan  perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan. 


                                                    Gambar 1. Proses pemodelan 3D

Ada beberapa cara yang cukup popular untuk melakukan pemodelan 3D ini, yaitu pemodelan polygon. Pada pemodelan polygon, titik-titik digambarkan dalam ruang 3D (vertex), lalu dikoneksikan dengan garis untuk membentuk polygon mesh. Dengan pemodelan ini, proses render dapat dilakukan dengan cepat.

Bentuk pemodelan lain yang cukup popular adalah Non-uniform rational basis spline (NURBS), yang juga merupaan pemodelan matematika untuk merepresentasikan kurva dan permukaan. Dibandingkan pemodelan polygon, metode NURBS ini menawarkan fleksibilitas dan akurasi yang lebih baik karena permukaan didefinisikan oleh garis kurva.

Contoh metode NURBS :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar