Pemodelan
3D merupakan proses untuk mengembangkan suatu benda ataupun objek untuk membuat
atau mendesain objek tersebut sehingga terlihat seperti hidup.
Proses
pemodelan 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan
untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek
dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai
dengan urutan proses yang akan dilakukan.
Gambar
1. Proses pemodelan 3D
Ada
beberapa cara yang cukup popular untuk melakukan pemodelan 3D ini, yaitu
pemodelan polygon. Pada pemodelan polygon,
titik-titik digambarkan dalam ruang 3D (vertex), lalu dikoneksikan dengan garis
untuk membentuk polygon mesh. Dengan pemodelan ini, proses render dapat
dilakukan dengan cepat.
Bentuk
pemodelan lain yang cukup popular adalah Non-uniform rational basis spline (NURBS),
yang juga merupaan pemodelan matematika untuk merepresentasikan kurva dan
permukaan. Dibandingkan pemodelan polygon, metode NURBS ini menawarkan
fleksibilitas dan akurasi yang lebih baik karena permukaan didefinisikan oleh
garis kurva.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar